Sabtu, 07 Mei 2011

Ingin Lancar Mengemudi? Ini tips nya!

belajar-nyetir
Belajar mengemudikan mobil, memang tak semudah saat berlatih menyetir motor. Untuk mahir mengendalikan setir mobil, dibutuhkan waktu yang agak lama serta dibutuhkan juga kesabaran ekstra. Sebenarnya, kalau tahu ilmu serta tipsnya, belajar menyetir mobil mudah-mudah saja. Asal ada kemauan, ada instruktur dan tentu saja, ada mobil yang bisa dipakai untuk latihan.  :)

Berikut ini adalah tips agar anda cepat mahir mengemudikan mobil:

  1. Sebelum mulai praktik mengemudi, usahakan anda sudah hapal teori mengemudi itu seperti apa. Anda juga harus hapal, mana yang pedal gas, mana yang pedal rem. Karena bila salah menginjak, anda akan tahu sendiri akibatnya.
  2. Sebelum terjun ke jalanan, pastikan terlebih dahulu kalau mobil anda dalam keadaan prima. Jangan belajar dengan mobil yang sedang sakit ya. Alih-alih belajar menyetir, anda malah belajar mendorong nantinya.
  3. Pada awal belajar, sebaiknya anda menggunakan mobil yang berukuran besar dan masih menggunakan kopling manual. Intinya, jangan mau langsung enak kalau lagi belajar.
  4. Ketika membuka pintu mobil, bacalah doa dan usahakan tenangkan dulu pikiran anda. Buang hal-hal negatif dalam kepala. Teruslah berfikir positif.
  5. Jangan biasakan mengemudi tanpa alas kaki. Karena itu akan menjadi kebiasaan dikemudian hari, takutnya tiap mengemudi, anda selalu ingin nyeker. Do you know nyeker? Nyeker itu bahasa sunda, yang artinya bertelanjang kaki.
  6. Ada baiknya, selama proses belajar menyetir, jangan ajak terlalu banyak penumpang. Soalnya, itu bisa membuyarkan konsentrasi anda saat mengemudi. Cukup anda sama instruktur saja.
  7. Jangan keenakan berlatih di lapangan atau di jalanan yang sepi, itu tak akan meningkatkan performa menyetir anda. Mintalah kepada pelatih, agar membawa anda kejalanan yang aga sedikit ramai, supaya kemampuan banting setir anda semakin teruji.
  8. Oh ya satu lagi, sebelum mulai belajar, pastikan mobil anda telah terdaftar di perusahaan asuransi. Ini untuk jaga-jaga saja, takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Soalnya ini kan mobil benaran, bukan bom-bom car.  :)
Okeh, sekian saja tips dari saya. Semoga anda menjadi driver yang handal. Amiin :D
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011