Selasa, 10 Mei 2011

Manfaat Jogging Secara Fisik dan Psikologis

jogging
Berjalan/lari yang sering disebut jogging, memang merupakan olahraga yang bisa dilakukan siapa saja. Tak perlu pergi ke tempat fitnes untuk melakukannya. Jogging bisa dilakukan dimana saja. Dari lingkungan pedesaan, perumahan, pantai atau pegunungan.
Hebatnya, selain murah meriah, jogging yang sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain bermanfaat bagi fisik, jogging juga bermanfaat bagi psikologis Anda.

Manfaat jogging secara fisik

Berikut manfaat jogging secara fisik yang sangat penting dalam kesehatan tubuh.

Meningkatkan stamina

Jogging membantu untuk meningkatkan stamina yang berdampak positif pada kegiatan sehari-hari, kehidupan pekerjaan dan membantu kita menjalani kehidupan dengan aktif. Jika Anda merasa lesu sepanjang hari ketika bekerja, maka dengan rutin melakukan jogging perubahan akan segera terlihat.

Menurunkan berat badan

Salah satu cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan jogging. Jogging akan membakar kalori Anda dan meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lambat, membuat lemak mudah menumpuk dan menjadikan tubuh gemuk.

Membakar lemak di perut

Ingin perut tampak lebih ramping? Sebagai latihan pembakar lemak yang sangat baik, jogging juga bermanfaat untuk mengurangi lemak di sekitar pinggul, pinggang dan perut. Cara ini sangat efektif.

Menguatkan otot dan memadatkan tulang

Selain otot, tulang pinggul, punggung dan kaki akan menjadi lebih padat berisi. Jika Anda pernah melihat atlet lari maraton, tampaknya mereka kurus. Namun, kepadatan tulang dan otot yang terlatih bisa membuat mereka berlari sekuat dan semaksimal mungkin.

Mengencangkan paha dan bokong

Dengan gerakan otot yang terjadi saat melakukan aktivitas jogging, otot paha dan bokong akan dilatih sedemikian rupa sehingga menjadi lebih kuat dan kencang. Pembakaran lemak akan menjadikannya semakin padat, kencang dan berisi.

Memperbaiki nafsu makan

Jika Anda memiliki nafsu makan yang rendah, jogging membantu meningkatkan nafsu makan. Peredaran darah yang lancar serta metabolisme yang menjadi normal menjadikan nafsu makan berubah menjadi lebih baik. Penurunan depresi juga menjadi salah satu penyebab ‘kembalinya’ nafsu makan Anda.

Menghilangkan insomnia

Susah tidur yang sering diakibatkan oleh depresi dan gangguan pola makan, bisa diatasi dengan jogging. Ya, jogging membuat Anda lebih mudah tidur dengan nyenyak di malam hari.

Melawan penuaan

Massa otot dan tulang akan berkurang seiring dengan semakin tuanya usia Anda. Dengan jogging, Anda akan dapat mengurangi terjadinya penuaan.

Mencegah datangnya penyakit

Jogging seringkali dilakukan dengan ‘terpaksa’ karena adanya manfaat yang terbukti bisa melawan penyakit seperti kanker, stroke, jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meminimalkan serangan jantung

Jogging yang merupakan latihan kardiovaskular, menjadikan jogging sebagai olahraga yang bisa meminimalkan serangan jantung dan juga mengurangi tekanan darah. Pada saat yang sama, paru-paru Anda juga akan menjadi kuat dan Anda bisa menghirup oksigen lebih banyak, sehingga meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih dari nutrisi penting untuk tubuh Anda.

Manfaat jogging secara psikologis

Apakah Anda berpikir bahwa jogging hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik? Anda melupakan sesuatu, yakni keuntungan yang didapat dari sisi psikologi dengan jogging.

Membangun kepercayaan diri

Secara psikologis, jogging bisa membangun kepercayaan diri. Dengan jogging, Anda akan tumbuh menjadi lebih kuat dan lebih tabah dalam menghadapi setiap masalah. Dengan manfaat yang didapat dari jogging seperti penurunan berat badan, meningkatkan stamina, dll, jogging secara tidak langsung membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Menghilangkan stres

Saat jogging, Anda bisa melupakan sejenak mengenai masalah hidup dan mengatur kembali pikiran Anda yang mungkin sedang kacau. Jika sedang marah atau kesal, sprint akan membantu Anda mengatasinya.

Memperbaiki sikap

Salah satu manfaat jogging yang kurang dikenal adalah memperbaiki sikap. Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon ini bertanggung jawab untuk memberikan rasa kebahagiaan atau euforia. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa jogging bisa menghilangkan stres.

Kenalan baru, komunitas baru

Dengan jogging, tak menutup kemungkinan Anda akan bisa menemukan banyak kenalan baru. Biasanya keuntungan ini akan didapat saat jogging di tempat umum, seperti di lapangan umum terbuka misalnya. Tak hanya dapat kenalan baru dan komunitas baru, jogging bisa bikin mata segar alias bisa cuci mata :D
Banyak manfaat lain dari jogging yang mungkin belum disebutkan. Yang pasti dengan jogging, Anda akan jauh lebih sehat dan hemat daripada pergi ke gym.
Jadi lebih baik gunakan uang Anda untuk membeli sepasang sepatu lari yang baik, sedikit pemanasan, dan mulailah jogging.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011