Selasa, 29 Maret 2011

Ditemukan Tumbuhan Tertua di Dunia Berumur 13 Ribu Tahun

http://techno.okezone.com/images-data/content/2009/12/28/56/288879/tDNKXJntpz.jpgKita setiap hari bisa menghirup udara segar karena tumbuh-tumbuhan disekitar kita yang menghasilkan o2 atau sering disebut oksigen. Tumbuhan ada juga di perkirakan sebelum manusia ada di bumi dan pastinya tumbuhan juga mengalami seleksi alam yang juga dialami mahluk yang lain sampai saat ini.

Tak Pernah diduga, akhirnya peneliti menemukan sejenis tumbuhan yang hidup sejak zaman es. Jenis pepohonan tersebut masih kuat bertahan hidup hingga sekarang, pada lahan gersang di California. Penemuan ini sangat mengejutkan para peneliti karena usia tumbahan ini diperkirakan sekira 13.000 tahun sehingga mereka membuatnya menjadi tumbuhan tertua yang ada di bumi. kabarnya tumbuhan ini dinamai oleh para peneliti ‘Jurupa Oak’.

Jurupa Oak terdiri dari kumpulan semak-semak belukar. Para ilmuwan meyakini hal tersebut merupakan efek dari perubahan suhu yang sangat ekstrim saat mereka melakukan regenerasi. Tumbuhan tersebut termasuk dalam spesies Quercus palmeri atau Oak Palmer. Nama tersebut didapat dari nama sebuah bukit tempat spesies tanaman tersebut tumbuh. Spesies ini juga diketahui dapat tumbuh di wilayah yang lebih dingin dan basah. Lokasi tak umum tempat Jurupa tumbuh, menjadi petunjuk pertama bagi tim peneliti bahwa tumbuhan tersebut memiliki asal usul yang tidak biasa.

Peneliti juga menemukan bahwa oak tersebut tidak memproduksi benih ataupun buah. Hal ini menandakan Jurupa Oak memiliki cara yang tidak biasa untuk berkembang biak. Uji coba genetik memperlihatkan bahwa kumpulan batang semak yang berantakan pada Jurupa Oak merupakan individu tunggal yang berkembang biak dengan cara mengkloning diri. Tak pernah terbayangkan ya ada tumbuhan dengan umur 13.000 tahun masih hidup di bumi sampai sekarang. Itulah tanda-tanda kebesaran-Nya.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011