Minggu, 27 Maret 2011

Tips Tumbuhkan Motivasi untuk Olahraga

img Banyak wanita mengeluhkan bentuk tubuh yang kurang proporsional dan sulitnya menurunkan berat badan berlebih. Yah, siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ramping dan berat ideal?

Tapi keinginan saja tidak cukup tanpa diikuti motivasi untuk hidup sehat dan olahraga. Membiasakan untuk berolahraga secara rutin memang jadi tantangan tersendiri. Karena itu, perlu motivasi tinggi untuk mendorong Anda rajin latihan fisik.

Bagaimana menumbuhkan motivasi untuk berolahraga dan membentuk tubuh yang ideal? Ikuti tipsnya, seperti dilansir Ourvanity.

1. Tentukan Tujuan
Sebelum memotivasi diri sendiri untuk rutin berolahraga, Anda harus tentukan tujuan. Apa yang ingin dicapai dengan berolahraga? Seperti apa hasil yang diinginkan setelah menjalani latihan? Jika sudah punya tujuan, maka Anda pun akan termotivasi mencapai tujuan itu. Anda bisa memulainya dengan mendaftar di salah satu klub fitnes terpercaya atau membeli perlengkapan fitnes sendiri. Terlalu sibuk dengan tugas kantor? Coba saja lompat tali, dumbbell, hula hoop atau kegiatan lain yang bisa memicu Anda tetap berolahraga tanpa ke gym.

2. Buat Perencanaan
Buatlah jadwal makan dan olahraga. Jadikan jadwal tersebut sebagai panduan dan tetap disiplin mengikutinya. Ubah menu makan Anda, kurangi konsumsi gula dan makanan cepat saji. Makanlah lima kali sehari dalam porsi kecil atau tiga kali sehari untuk porsi besar. Usahakan jam makan teratur agar metabolisme tubuh tetap bekerja dengan baik.

Tentukan jadwal olahraga, apakah mau di pagi, sore atau malam hari. Jangan sekali-kali melewatkan jadwal makan atau olahraga, jika tidak ingin program penurunan berat badan gagal. Lakukan latihan intensif selama 30-40 menit, lanjutkan dengan konsumsi makanan kecil dan istirahat yang cukup.

3. Ajak Teman

Ajak beberapa teman untuk bergabung di klub fitnes agar Anda semakin semangat berolahraga. Untuk menambah pengalaman olahraga lebih seru, buatlah kompetisi kecil-kecilan. Anda juga bisa bergabung dengan kelompok fitnes yang memiliki motivasi tinggi. Hal tersebut akan membantu Anda tetap berada di 'jalur' yang sudah ditetapkan.

4. Ganti Jenis Latihan Secara Berkala
Jangan lakukan jenis olahraga yang sama dalam waktu lama, atau Anda akan cepat bosan. Cobalah gerakan-gerakan baru secara berkala. Selain membuat olahraga tidak membosankan, semua anggota tubuh Anda pun akan dapat manfaat dari olahraga yang Anda jalankan.

http://www.wolipop.com/read/2011/03/22/080037/1598057/849/tips-tumbuhkan-motivasi-untuk-olahraga
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011