Selasa, 26 April 2011

Arti dan Kriteria Pemilihan Man of The Match

david beckhamDalam pertandingan olahraga seperti sepak bola misalnya, sering disebutkan Man of the match. Biasanya Man of the match dipilih sesaat setelah pertandingan berakhir. Sebenarnya apa itu Man of the match dan apa kriteria pemilihannya?

Arti Man of the match
Man of The Match atau Player of the Game atau Man of the Series adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada pemain yang sedang bertanding. Bisa diartikan sebagai seorang pemain yang memberikan dampak yang besar terhadap permainan tim, baik dari segi skill, mental dan emosi.

Man of the match biasanya dipilih dari tim yang menang dalam pertandingan. Lalu, apakah cuma sebatas gelar saja? Dalam olahraga profesional seperti laga Piala Dunia (sepakbola), penghargaan ini mungkin melibatkan uang tunai, piala, atau perayaan sampanye.
Namun dalam olahraga amatir, khususnya di perguruan tinggi Amerika Serikat, hadiah yang melibatkan materi tersebut dilarang. Penghargaan ini diberikan murni sebagai tanda kehormatan.
Kriteria pemilihan Man of the match
Sebenarnya tidak ada kriteria yang jelas dengan Man of the match itu sendiri. Hal ini disebabkan dari banyaknya pihak (pengamat olahraga) yang bisa memberikan label Man of the match secara bebas. Namun secara garis besar, kriteria pemilihan Man of the match adalah pemain yang memberikan dampak paling berpengaruh selama permainan. Tentu saja dampak yang dihasilkan adalah dampak positif.

Sebut saja pemain sepak bola asal Italia, Andrea Pirlo, yang disebut-sebut sebagai pemain yang kreatif. Saat masuk ke lapangan di babak kedua pada pertandingan Piala Dunia 2010 melawan Slowakia, Pirlo mampu membuat ritme permainan Itallia menjadi jauh lebih baik dibandingkan sebelum ia masuk lapangan.
Bukan hanya karena nama besar yang dibawa, melainkan lebih kepada dampak yang diberikan saat pemain tersebut masuk ke lapangan, itulah arti dari Man of the match yang sesungguhnya. Namun, bagaimana sebutan bagi pemain wanita?
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011