Senin, 18 April 2011

Arti Warna Pada Kulit Buah dan Sayuran


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menganggap bahwa sayur dan buah sebagai sumber serat untuk memperlancar proses pencernaan, namun yang kita konsumsi harian pun masih terbatas pada sayuran hijau. Padahal kalau kita perhatikan manfaat buah dan sayur dalam diet sehari-hari pun bermacam-macam, karena kandungan Fitonutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

http://4.bp.blogspot.com/-UY9q36hKm-o/TapwRZsW8HI/AAAAAAAAG6I/4e4XSWkXWhk/s1600/buah%2Bsayur.jpg
Fungsi Fitonutrisi bagi tumbuhan adalah menjaganya dari lingkungan sekitar, seperti pemangsa, virus, bakteri, dan jamur.

Fungsi Fitonutrisi bagi manusia antara lain:
Lutein, Resveratol, Lycopene, Beta-Carotene, Allicin yaitu untuk menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, membantu pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh, serta antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Fitonutrisi yang terkandung pada buah dan sayuran masing-masing berbeda-beda. Jadi konsumsilah buah dan sayuran ini dengan warna yang berbeda-beda setiap hari karena ini merupakan kunci dari kesehatan optimal. Adapun kandungan serta manfaat pada warna-warna buah dan sayuran pada umumnya adalah sbb:

Jingga dan Kuning
mengandung beta karoten sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker kulit dan penuaan dini serta sebagai sumber vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi untuk mencegah anemia dan rasa letih yang berlebih.

Hijau
Mengandung Lutein, Vitamin dan Mineral yang sangat baik untuk sistem imun atau kekebalan tubuh serta untuk mata juga kulit. Vitamin K dalam sayuran hijau membantu tubuh menyerap kalsium untuk kekuatan tulang, yakni pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat.

Merah
Mengandung Lycopene, Antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari serangan virus, infeksi serta cegah penuaan dini. Untuk buah yang berwarna merah, melindungi sel tubuh dari kerusakan dan melindungi lapisan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit dalam tubuh kita.

Ungu dan Biru hitam
Mengandung Anthocyanidins Resveratol, Striknin, Skopolamin, Skopoletin dan Skoparon merupakan senyawa aktif yang bisa menghambat serangan gugup atau kekejangan saraf. Selain Oksidan yang tinggi sayur dan buah warna ungu-biru hitam ini baik untuk memperlancar peredaran darah.

Putih
Mengandung Allicin untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan fungsi arteri dan kelancaran peredaran darah.

Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011