Senin, 18 April 2011

Khasiat Makan Apel Tiap Hari di Kantor

Selain enak, apel bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit jantung.

http://2.bp.blogspot.com/_FUMrmuFvvN4/TAI3QdlwYQI/AAAAAAAAAB8/zpo3MZBK5hs/s1600/apel.jpg

Buah apel tidak hanya segar saat dimakan di sela-sela istirahat siang di kantor atau rumah, tetapi juga mendatangkan sejuta manfaat kesehatan, selain menurunkan kolesterol jahat, juga mencegah serangan penyakit jantung.

Penelitian terbaru di Florida State University menunjukkan bahwa wanita yang makan apel setiap hari selama setahun menunjukkan adanya penurunan kolesterol sebesar 14 persen dan tingkat kolesterol jahat LDL sebesar 23 persen.

“Sebelumnya, saya tak pernah menduga bahwa apel dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik sebesar 4%,” kata Bahram Arjmandi yang menyajikan temuan timnya pada pertemuan Experimental Biology di Washington DC, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Times of India.

Dalam studi yang sebagian dibiayai oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat ini, para peneliti ingin menilai efek jangka panjang bahwa konsumsi apel terhadap kesehatan jantung. Temuan mereka menunjukkan konsumsi apel harian juga secara signifikan menurunkan tingkat protein C-reaktif dan hidroperoksida. Dua bahan ini diidentifikasi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Para peneliti mengungkapkan meskipun penambahan ratusan kilojoule sehari dalam konsumsi apel, para wanita yang makan apel tidak akan mengalami penambahan berat badan. Bahkan, para wanita peserta penelitian justru kehilangan berat badan rata-rata sebesar 3,3 pound.

Pulp pada serat apel akan menjadi seperti zat kental yang dapat mengambil kolesterol dan menariknya keluar dari tubuh,” ujar Shapiro, ahli gizi klinis Montefiore Medical Center di New York.

Shapiro mengajurkan kepada Anda untuk mengonsumsi apel segar daripada apel yang sudah diproses. Sebab, apabila apel itu sudah dalam proses pengeringan, beberapa kandungan nutrisinya hilang.

sumber
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011