Selasa, 22 Maret 2011

Cara mudah megeluarkan ide menulis

Banyak orang mengalami kesulitan ketika mencari ide sebuah tulisan. Ada yang bilang, kalau menemukan ide diperlukan mood yang bagus. Ada juga yang bilang, kalau ide susah dicari karena tidak adanya tema yang bagus untuk ditulis. Benarkah demikian?

Setiap orang mempunyai cara berbeda dalam usahanya mencari ide. Setiap orang mempunyai sudut pandang dan solusi berbeda, yang biasanya terbangun sesuai dengan budaya kerja seseorang. Banyak dari kita yang beranggapan, bahwa untuk menulis sebuah karya diperlukan sebuah ide yang muncul. Jika tidak ada ide yang muncul, kita tidak bisa menulis. Kadangkala, orang sering menggantungkan idenya dengan kemunculan sebuah insight, pencerahan, atau ide yang muncul secara tiba-tiba ketika kita berhadapan dengan suatu hal.


Sepintas, pendapat di atas tidak salah. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui lebih jauh lagi. Ide tidak sekadar ditunggu kemunculannya layaknya ilham ‘wahyu keprabon’ raja-raja di pulau Jawa zaman dahulu kala. Ide itu kita ciptakan sendiri. Dengan kata lain, kita harus kreatif dan jeli dalam melihat sebuah hal.


Kreatif dapat diartikan bahwa kita mempunyai pemikiran di luar kebanyakan orang. Kreatif juga berarti mempunyai solusi yang berbeda dari kebanyakan solusi yang ditempuh oleh kebanyakan orang. Jika kita tidak aktif mencari dan menstimulasi otak agar dapat melihat sebuah tema, kita akan tenggelam dalam dunia menulis akibat ketidakeksisan diri dalam menulis. Karena, setiap menulis kita bergantung pada ide yang tidak dapat dipastikan kemunculannya.


Insight dalam menulis bukan merupakan hal yang baru dalam benak setiap orang. Orang sering kali menggantungkan idenya dengan kemunculan insight of writing. Beragam masalah pun muncul ketika kita dituntut untuk menyelesaikan sebuah tulisan, namun kita tidak mendapatkan insight itu. Demikian peliknya cara mencari ide, sehingga kita sering salah kaprah, berbuat seenaknya agar si ide muncul ke permukaan.


Banyak hal di sekitar kita yang dapat dijadikan bahan sebuah tulisan. Tinggal bagaimana kita jeli melihatnya sebagai sebuah tema tulisan. Diperlukan kepekaan diri dan jangan pernah menganggap remeh sebuah peristiwa di sekitar kita. Bisa jadi hal unik yang terjadi di sekitar kita itu merupakan bahan tulisan yang bagus dan bisa kita kembangkan.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011