Sabtu, 05 Maret 2011

Gurun Sampah Elektronik Terbesar Di Ghana

Kemana sampah elektronik yang dihasilkan oleh negara-negara dunia pertama berakhir ? Ghana, dan banyak dari negara-negara dunia ketiga seperti Cina, Nigeria, India, Vietnam,Pakistan bahkan ke negeri kita sendiri, Indonesia - tetapi kebanyakan dibuang ke Ghana. Dengan ratusan juta ton limbah dikirim setiap tahun, pembuangan limbah elektronik ilegal ke Ghana menjadi bentuk sebagai usaha ekonomi sendiri.

Dump Agbogbloshie di Accra, Ghana, adalah gurun elektronik terbesar di Afrika Barat. Penduduk setempat menyebutnya Sodom dan Gomora. Sekitar 3000 orang bekerja di Accra dan mencari nafkah dengan menjual logam dari hasil memulung sampah peralatan elektronik. TV Tua, monitor komputer, hard drive dan keyboard yang dibedah untuk setiap bagian dapat digunakan kembali seperti lensa dari disk drive dan papan sirkuit, dan dengan harga global melonjak, logam menjadi permintaan tinggi. Kabel dan papan tercetak yang dibakar untuk diekstrak guna diambil tembaga dan logam mulia yang mungkin tersisa.




Tetapi proses yang digunakan untuk mengambil logam adalah proses yang sangat beracun. Pekerja yang melakukan proses ini sering tidak memiliki peralatan pelindung dan bernapas dalam kadar tinggi bahan kimia beracun, yang kemudian dilepaskan ke atmosfir. Racun seperti timbal, kadmium dan merkuri yang dibakar di Ghana, dengan konsentrasi yang melebihi nilai normal hingga 100 kali lipat.


"Ini satu-satunya bagian dari dunia di mana Anda akan pergi dan melihat ribuan perempuan pada setiap hari yang duduk ... memasak (membakar) papan sirkuit ," kata Jim Puckett, direktur eksekutif dari Basel Action Network, yang bekerja untuk mencegah limbah beracun dari lingkungan. "Sebagai hasilnya, mereka bernapas dalam asap dari pembakaran yang menghasilkan polusi udara yang sangat beracun . Anda akan segera merasakan sakit kepala segera setelah Anda masuk ke areal ini. Ini benar - benar sangat menyedihkan. "


















miris ya ngeliatnya..
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011