Rabu, 09 Maret 2011

Suka Makan FroYo? Ayo Kenali Manfaat Yoghurt!

yoghurtYoghurt atau biasa juga disebut yogurt merupakan jenis makanan ringan seperti es krim yang mempunyai rasa asam. Bahkan beberapa vendor seperti Sour Sally maupun Jco Donuts juga ikut menjual yoghurt yang disebut juga Froyo (frozen yoghurt). Sebenarnya apa manfaat dari mengonsumsi yoghurt?
Pengertian yoghurt
Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern yoghurt saat ini didominasi oleh susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Asam laktat yang membuat rasa asam pada yoghurt.
Di pasaran tersedia dua jenis yoghurt, yaitu yoghurt tawar (plain Yoghurt) yang kental dan bergumpal-gumpal serta yoghurt siap santap dengan tekstur encer dan sudah ditambahkan gula dan rasa buah-buahan.
Manfaat yoghurt
Yoghurt merupakan makanan yang aman dikonsumsi oleh orang yang alergi susu dan lansia, mempunyai beberapa manfaat seperti vitamin B1, vitamin B2, serta beberapa jenis asam amino penyusun protein. Kandungan kalsium dan fosfor pada yoghurt sangat tinggi, sehingga baik untuk mencegah osteoporosis, serta kanker usus. Di dalam lambung dan usus halus terdapat banyak jenis mikroflora, salah satu yang dominan adalah bakteri asam laktat.

Yoghurt juga sangat disarankan bagi orang / anak yang tidak mampu mencerna laktosa dengan baik (lactose intolerance) sebagai pengganti minum susu. Dengan minum yoghurt tidak akan ada diare lagi.
Meski dari segi gizi yoghurt tidak jauh berbeda dengan susu, namun yoghurt mempunyai keistimewaan dalam hal menurunkan kolesterol. Mengapa yoghurt dapat membantu menurunkan kolesterol? Di dalam yoghurt terdapat bakteri probiotik yang dapat memproduksi asam laktat. Asam laktat inilah yang mampu melakukan metabolisme kolesterol yang berasal dari makanan menjadi bentuk sterol yang tidak dapat diserap oleh usus. Manfat lainnya adalah mencegah hipertensi dan penyakit jantung koroner.
Setiap 100 g yoghurt mengandung 52 kkal, protein 3,3 g, lemak 2,5 g, karbohidrat 4,0 g, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, zat besi 0,1 mg, retinol 22 mcg, dan thiamine 0,04 mg
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011