Jumat, 04 Maret 2011

Tips Atasi Pertengkaran Soal Uang & Urusan Rumah

img
Dok. GettyImages
Jakarta - Pertengkaran seringkali disebut sebagai bumbu pernikahan. Dua hal ini, uang dan urusan rumah biasanya paling sering yang membuat Anda dan si dia bertengkar. Bagaimana cara mengatasinya?

Uang

Ada saja masalah uang yang membuat Anda dan pasangan bertengkar. Entah itu karena uang yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan hidup atau bagaimana membelanjakan uang tersebut. Saat uang lebih ada, Anda ingin membeli mesin cuci baru, namun pasangan memilih membeli motor baru.

Uang memang bukan hal yang mudah untuk dibicarakan dengan pasangan. Berikut ini tips bagaimana mengatasi pertengkaran soal uang, seperti dilansir She Knows:

- Jujur dan terbuka soal berapa jumlah yang yang dimiliki dan dibutuhkan.
- Buat budget bulanan atau mingguan dan taatlah pada budget tersebut.
- Buat tabungan untuk membeli benda-benda yang Anda dan si dia mau beli misalnya liburan bersama, televisi.
- Jangan pernah berbelanja di luar budget.
- Jadikan membayar tagihan sebagai prioritas utama dalam urusan pembayaran.

Urusan Rumah

Pernahkah Anda dan si dia bertengkar soal siapa yang seharusnya membawa keranjang sampah ke luar? Jika iya, Anda tidak sendiri. Pertengkaran soal urusan rumah tangga memang lazim terjadi. Dalam seminggu, bisa saja topik soal siapa yang seharusnya mencuci piring, mengurus anak, berbelanja, membersihkan kamar mandi jadi hal yang Anda dan si dia ributkan.

Bagaimana mengatasi pertengkaran ini? Berikut ini tipsnya:

- Jika Anda sudah disibukkan dengan pekerjaan rumah, jelaskan pada pasangan kalau bantuannya sangat dibutuhkan.
- Minta pasangan untuk berpikir kalau Anda dan dia adalah tim, sehingga butuh kerjasama dan keterlibatan yang adil dalam urusan rumah.
- Buat daftar tugas yang harus dilakukan Anda dan si dia dalam seminggu.
- Usahakan jangan mengomel padanya. Tekankan pada pasangan soal kelebihannya dalam melakukan suatu pekerjaan, misalnya membersihkan kamar mandi. Katakan juga kalau Anda sangat menghargainya kalau ia mau membantu.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011