Minggu, 17 April 2011

5 ide untuk bermain dengan anak

I NGIN menciptakan suasana seru dan kebersamaan bersama keluarga? Lakukan saja kegiatan outdoor yang menantang dan melibatkan peran semua anggota keluarga.

Terlibat dalam kegiatan anak-anak dan keluarga tidak hanya membuat Anda sehat, tapi juga menciptakan ikatan mesra terhadap keluarga Anda.

“Dalam kehidupan pribadi di mana hal-hal penting sering terabaikan kita kerap melupakan waktu kebersamaan bersama anak-anak,” kata Bill Utesch PhD, profesor dari Indiana University-Purdue University Fort Wayne (IPFW) School of Education.

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan orangtua adalah menciptakan kualitas waktu. Kualitas yang konsisten dan dijadwalkan akan menjamin prediktabilitas dan telinga untuk mendengarkan. Jadi sebelum akhir pekan tiba, segera rencanakan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga dengan kegiatan ‘outdoor’.

Berikut lima ide yang dapat Anda lakukan, seperti dilansir Sheknows.

Menggambar diri dengan kapur

Dorong buah hati Anda untuk memiliki jiwa Picasso dengan membuat gambar diri mereka di atas kanvas. Apakah sekadar menguraikan bayangan atau potret diri sendiri yang penting mereka senang melakukannya. Jangan lupa untuk mengabadikan karya tersebut dengan kamera sebagai dokumentasi kenangan.

Main kejar-kejaran

Regangkan kaki Anda dan anak-anak dan bersiaplah untuk membakar energi dengan permainan keluarga. Anda dapat menerapkan permainan saling mengejar satu sama lain. Selain menumbuhkan rasa kebersamaan, aktivitas ini melatih kekuatan fisik Anda dan anak-anak yang baik bagi kekuatan otot.

Bola

Lelah memberitahu anggota keluarga untuk tidak melempar bola di rumah? Kenapa tidak memainkan bola tersebut di luar bersama keluarga dan anak-anak dengan permainan menangkap, melempar, atau menendang bola. Variasikan sesuai kesukaan Anda. Nah, siapa yang terlebih dulu memukul tanda yang berada di tengah lingkaran akan mendapatkan poin dan memenangkan permainan.

Balap karung

Ketimbang hanya bersorak sorai dari pinggir lapangan, libatkan saja anak-anak dengan kegiatan berlari atau melompat untuk memompa adrenalin. Ambillah karung bekas utnuk digunakan sebagai sarung dan kemudian bagi anggota keluarga menjadi dua tim. Setiap tim dapat saling berlompat dengan karung tersebut dan melalui jalur yang sudah dibuat secara bergantian. Tim yang lebih dulu menyelesaikan permainan akan menjadi pemenangnya.

Saling semprot air

Ketika cuaca cerah, bermain semprot-semprotan air menjadi sebuah ide seru. Siapkan perlengkapan hujan dan pelindung kepala dan segera lakukan kegiatan tersebut. Tantang anak Anda untuk melihat siapa yang lebih dulu basah dan gawangnya tidak tergenang air. Setelah itu bersenang-senanglah di halaman yang becek dan berkotor ria dengan lumpur yang memenuhi halaman tersebut.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011