Minggu, 17 April 2011

Perdengkleng, Daging Ulat Bulu Bakar, Mau Coba?

Banyak yang tidak tahu bahwa ulat bulu yang selama ini dianggap sebagai hama perusak tanaman ternyata bisa dikonsumsi oleh manusia. Bagi yang pernah mencicipinya, menggambarkan daging ulat bulu tak kalah lezat dengan daging ayam atau sapi. Namun, tak semua jenis ulat bulu bisa dikonsumsi, dan hanya beberapa jenis yang aman dikonsumsi.

Salah satu jenis ulat bulu yang layak dikonsumsi adalah Liman Triade, yang biasanya disajikan dengan cara dibakar. Seperti yang dilakukan petugas Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali bersama beberapa peneliti dan pengamat hama saat memantau serangan ulat bulu di wilayah Gianyar, Jumat (15/4/2011).

Setiba di Desa Serongga dan Pering, Gianyar, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Made Putra Suryawan dan timnya yang menangkap puluhan ulat bulu Liman Triade dan mengajak warga untuk mengonsumsinya. Meski awalnya ragu-ragu, warga kemudian turut menyantap sajian yang tak lazim ini.

"Biasanya ulat bulu jenis ini bergerak pada malam hari. Rasanya enak dan gurih," tutur Suryawan. Menurut Suryawan, ulat bulu yang banyak ditemui di Karangasem ini sudah sejak lama dikonsumsi warga Karangasem. "Ulat bulu yang bisa dimakan ini paling banyak ditemukan di Karangasem dan selama ini memang biasa dikonsumsi warga sana," kata Suryawan.

Tertarik mencoba menu spesial ulat bulu bakar? Sebelum menyantapnya, pastikan dulu ulat bulu di sekitar Anda merupakan jenis yang aman untuk dikonsumsi.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011