Senin, 21 Maret 2011

Mengetahui dan Mengatasi Kebocoran Tabung Elpiji

Akhir-akhir ini kita sering melihat berita di tv tentang kebakaran yang disebabkan oleh ledakan oleh tabung elpiji… tapi pernah ga terpikir oleh kita, mengapa ledakan itu bisa terjadi..??
Memang sih, Info dari tv menyebutkan kalau kebakaran itu berasal dari ledakan tabung elpiji… tapi pernah ga kalian lihat, setelah kejadian kebakaran itu tabung masih dalam keadaan utuh…?? Nah Loh…
Kesimpulanku (tapi jangan terlalu dipercaya, kalo mau dipercaya juga ga papa :04:),
Tabung itu tidak meledak.. melainkan ada kebocoran gas dari tabung tersebut..  Nah loh, dimana letak kebocoran gas tersebut..??
Karena gas tidak dapat dilihat, hanya dapat dicium bau odoran yang terdapat di elpiji tersebut, kita tidak dapat mengetahui pasti darimana kebocoran tersebut..
Ada 3 tempat yang memungkinkan terjadinya kebocoran :
  1. Tabung elpiji itu sendiri. Tapi jika tabung elpiji ini terjadi kebocoran, pasti isinya akan habis ketika dalam perjalanan & pihak penjual pasti lebih teliti dalam hal ini. Jadi kemungkinan besar, Tidak. Jika tidak, maka tinggal 2 tempat kemungkinan.
  2. Regulator, (mungkin)
  3. selang karet, (mungkin)
Untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran pada tabung elpiji, ada tips sederhana yang mungkin bisa digunakan… karena kemungkinan terjadi kebocoran terdapat di 2 tempat (seperti yang di atas), yaitu regulator & selang karet, maka tips ini digunakan untuk di area regulator & selang karet..
Tips ini digunakan untuk kebocoran yang susah diketahui (kecil).
Untuk melakukan tips ini sebaiknya tidak  menyalakan kompor.
  1. Ambil sponge cuci piring.. (Bukan Spongebob :04:)
  2. Ambil sabun cuci piring cair & tambahkan air, kemudian rendam sponge ke dalam cairan sabun tersebut (usahakan kental).
  3. Remas-remas sponge hingga menimbulkan banyak busa/buih/gelembung
  4. Usapkan sponge yang telah berbusa itu ke regulator dan seluruh bagian selang karet.
  5. Jika terjadi kebocoran di regulator atau selang karet, maka bagian yang telah di usapkan larutan sabun kental tersebut akan menggelembung membesar… Untuk meyakini bocoran tersebut usapkan lagi larutan tersebut..
Biasanya kebocoran tersebut dapat terjadi karena pemasangan regulator yang tidak tepat.. Ketika baru mengganti tabung, yakinkan pemasangan regulator tepat dan tidak langsung menyalakan kompor.
Sebaiknya ketahui dulu ada atau tidak adanya kebocoran, hal tersebut dapat diketahui dari suara kebocoran (dekatkan telinga ke arah tabung). (parents)
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011