Jumat, 11 Maret 2011

Negara-Negara yang mungkin Akan Diterjang Tsunami 'kiriman dari Jepang

SINGAPURA - Sejumlah negara telah memberikan peringatan kepada warganya terkait dampak gempa 8,9 Skala Richter (SR) yang mengguncang Jepang, siang tadi.

Dahsyatnya kekuatan gempa tersebut menimbulkan gelombang tsunami yang juga menerjang negara-negara di Asia, Australia, bahkan Eropa.

Seperti diberitakan Reuters, Jumat (11/3/2011), Kanada dan Amerika Serikat, termasuk kepulauan Hawaii, sudah memberikan peringatan kepada warganya yang tinggal di pesisir yang berhadapan langsung dengan Laut Pasifik untuk waspada.

Demikian halnya dengan Meksiko dan negara-negara di Amerika Selatan sudah diminta waspada.

Dampak tsunami juga dirasakan warga di Rusia, Taiwan, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, Fiji, Panama, Honduras, Cile, Ekuador, Kolombia, dan Peru.

Pasukan Penjaga Pantai Taiwan langsung bergerak cepat mengevakuasi warga di pesisir yang berpenduduk padat. Namun otoritas setempat mengabarkan gelombang yang sampai ke pantai sebelah utara Taiwan hanya setinggi 50 sentimeter.

Papau Nugini juga sudah mengumumkan peringatan namun tidak ada evakusi warga. Otoritas setempat menyatakan gelombang laut tidak akan melebihi 1 meter.

Demikian halnya di Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumkan gelombang tsunami akan sampai ke wilayah timur Indonesia sekira pukul 18.35 WIB atau pukul 20.00 WIT. Ketinggian gelombang diperkirakan antara 0,5 sampai 1 meter.

http://international.okezone.com/read/2011/03/11/18/434016/ini-dia-negara-negara-yang-akan-diterjang-tsunami
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011