Senin, 14 Maret 2011

Khasiat Buah Persik untuk kesehatan

Buah persik atau yang lebih dikenal di Mesir dengan nama “Khukh” merupakan buah yang rasanya manis agak sepet-sepet. Bisa dibilang rasanya seperti mangga lah. Warnanya kuning kemerah-merahan. Kalau udah mateng dan tua, warna merahnya lebih dominan. Kata orang, buah ini termasuk makanan orang-orang kaya. Katanya lho…

Kandungan dari setiap buah khukh adalah 80% air, 5 gram gula, 1 gram karbohidrat, 0.5 gram protein, 0,5 gram lemak, 0.5 gram fosfor, 0,5 miligram belerang, 0.5 miligram besi, dan banyak sekali mengandung berbagai berbagai vitamin dengan prosentase yang tinggi.

Buah khukh juga mengandung 17% karbohidrat, 3% asam organic. Selain itu juga mengandung vitamin A, B, C, P (lebih dikenal dengan nama ‘bioflavonoid’ atau zat anti oksidan. Bioflavonoid biasanya ditemukan bersama-sama dengan vitamin C dan dihilangkan melalui urin), fosfor, belerang, kalium, zinc, tembaga, dan kalsium. Biji buah khukh juga mempunyai manfaat di antaranya, sebagai pelembab bibir karena mengandung minyak alami.

Manfaat buah khukh untuk tubuh manusia sangatlah banyak. Buah ini sehat, terutama bagi orang yang mempunyai kelebihan berat badan. Karena khukh termasuk buah yang dianjurkan bagi orang yang ingin diet.

Jus dari buah khukh bermanfaat meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem kinerja pencernaan, dan berguna sekali untuk membersihkan usus karena banyak sekali vitamin yang terkandung di dalamnya. Menurut penelitian, buah khukh mampu mempengaruhi proses pengurangan kolesterol di dalam tubuh terutama bila dikonsumsi sebelum tidur. Oleh karena itu, buah ini sangat dianjurkan bagi yang menderita penyempitan pembuluh nadi. Karena khukh mengandung garam kalium yang membantu tubuh dalam pengeluaran air dan garam pada makanan, maka dia juga bermanfaat bagi orang yang terkena tekanan darah rendah, penyakit ginjal, dan rematik. Akan tetapi khukh kering tidak dianjurkan bagi mereka yang obesitas dan diabetes karena dapat memberikan energi yang tinggi pada tubuh.

Rebusan air dari daun khukh sangat populer dalam mengobati infeksi gangguan usus, ginjal, kandung kemih, dan untuk pengobatan rheumatoid arthritis.
Penelitian di Amerika mengungkapkan bahwasannya mengkonsumsi buah khukh 10 – 12 buah setiap hari, mampu mencegah osteoporosis yang disebabkan oleh menurunnya sejumlah hormon esterogen di dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena khukh mengandung boron yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium sehingga mampu menjaga tulang tetap kuat. Bunga dan daun digunakan sebagai analgesik (obat bius pengurang rasa sakit).

Khukh dapat membantu saluran pencernaan dan merangsang sekresi kandung empedu. Di Eropa, khukh digunakan dalam pengobnatan medis untuk penderita cacingan, infeksi kulit, sesak nafas, tuli, dan asam urat.

Berbagai percobaan membuktikan efektivitas khukh yang bermacam-macam. Selain bisa mengobati asma, khukh juga bisa mengobati krisis ginjal, infeksi kandung kemih, batu ginjal. Bahkan khukh mampu menghapus batu di kandung kemih dan mengobati urin berdarah.

Yang tak kalah pentingnya, khukh ternyata bisa mengobati penyakit pertusis (batuk rejan). Batuk rejan disebut juga dengan batuk gonggong karena suara batuknya diiringi suara gonggong atau suara melengking. Selain itu, sering disebut juga dengan nama batuk 100 hari, karena batuknya dapat berlangsung cukup lama yaitu sekitar 6 minggu atau lebih.

Penyakit ini termasuk infeksi pernafasan akut yang sangat menular. Batuk rejan lebih sering menyerang anak-anak terutama dibawah umur 2 tahun yang tidak mendapatkan imunisasi. Oleh karena itu semua bayi sebaiknya diimunisasi untuk membentuk kekebalan (imunitas), sehingga walaupun terjadi batuk rejan hanya dalam bentuk yang ringan. Penyakit ini juga dapat terjadi pada orang dewasa namun tidak berbahaya, tetapi menjadi lebih berbahaya apabila terjadi pada anak-anak balita dan orang lanjut usia.

Batuk rejan disebabkan oleh infeksi bakteri Bordetella pertussis dan kadang-kadang oleh Bordetella parapertussis atau Bordetella bronchiseptica. Penularannya melalui batuk atau bersin yang dihamburkan ke udara oleh penderita yang terinfeksi. Secara tipikal, serangan batuk rejan terjadi secara mendadak, terutama pada malam hari.

Gejala atau tanda pertama dari batuk rejan muncul sesudah 7-14 hari terinfeksi oleh bakteri Bordetella pertussis. Batuk rejan berlangsung dalam 3 stadium dengan masing-masing stadium berakhir 2 minggu.

Stadium awal menunjukan gejala batuk yang teriritasi terutama pada malam hari, serangan batuk biasanya didahului bersin, napsu makan hilang, lesu, mata kelihatan merah dan berair.

Pada stadium kedua, batuk semakin parah disertai dahak kental, setiap batuk diakhiri suara melengking atau gonggong dan berulang-ulang dengan cepat . penderita dapat mengalami muntah di atara serangan batuk. Selama batuk, muka penderita kelihatan merah kebiru-biruan, urat leher tegang, air mata tergenang dan lemas. Pada bayi serangan batuk dapat menyebabkan bayi tidak bernafas secara periodik, kekurangan oksigen dan gangguan metabolisme. Stadium kedua merupakan stadium yang paling rentan.

Stadium akhir : intensitas batuk yang mengikil serta muntah berkurang dan hilang secara bertahap.

Ternyata buah yang selama ini banyak dijumpai di rumah-rumah Masisir (Mahasiswa Mesir), sangat bermanfaat lho bagi kesehatan. Nah bagi yang selama ini jarang makan buah khukh, sering-seringlah memakannya. Dan yang tadinya lebih memilih faroulah (strawberi), buruan kita beralih mengkonsumsi khukh. Mumpung di Mesir masih banyak dan harganya terjangkau, ayo kita beli yang banyak. Palingan harganya 2 geneh sekilo(Rp 4000.oo). Cuma di Mesir kita bisa dapetin buah persik murah. Kalo di Arab, harganya 8 – 9 real/ kilo(Rp 24.000,oo). Sedangkan buah persik impor Spanyol lebih parah 1.250 rubel/ kilo (Rp 600.000,oo).
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011