Senin, 14 Maret 2011

Khasiat dan manfaat kayu manis

Qirfah (Kayu manis) sudah sangat poupler digunakan di dalam ilmu kedokteran sejak zaman dahulu. Tanaman unik ini telah terbukti efektif di dalam berbagai pengobatan. Dalam bahasa inggrisnya disebut Cinnamon. Berbagai penelitian-penelitian modern ini telah mengungkapkan bukti kedokteran akan kebenaran manfaat dari tanaman ini. Penelitian tersebut telah menemukan kandungan zat-zat anti inflamasi (radang sendi) di dalam kayu manis yang mampu meminimalisir berbagai penyakit-penyakit sendi dan otot terutama radang sendi.

Tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita obesitas sebagai dosis harian karena mampu mengontrol kadar gula di dalam darah. Kayu manis juga bermanfaat dalam menyehatkan jantung karena mampu memperbaiki aliran darah. Selain itu juga bermanfaat dalam memperbaiki kesehatan pencernaan dan meredakan penyebaran nyeri lambung. Kayu manis banyak digunakan oleh para wanita sebagai pereda siklus nyeri haid. Selain itu, kayu manis juga dianjurkan mengkonsumsinya untuk melancarkan hidung tersumbat atau sinus.

Qirfah juga mampu membantu membasmi bakteri-bakteri yang membahayakan tubuh. Selain itu juga bermanfaat dalam pencegahan infeksi saluran kemih. Dia juga mampu mencegah pengkarangan gigi, penyakit gusi, dan menjaga dari bakteri-bakteri jahat lainnya. Anda dapat menambahkan qirfah untuk banyak masakan seperti kue, pancake, biskuit, roti, dan lebih banyak lagi. Qirfah tersebar dalam berbagai bentuk dan kemasan yang berbeda seperti syai qirfah (the kayu manis) dan ekstrak qirfah. Namun anda harus selalu mengkonsultasikan kepada dokter anda sebelum mengkonsumsi kemasan tersebut ke dalam makanan sehari-hari anda.

Rebusan daun kayu manis kering alami ataupun bubuknya dapat digunakan untuk menyingkirkan pembengkakan, melancarkan dan meningkatkan pengeluaran urin. Kayu manis juga digunakan sebagai pencegah kegugupan yang sangat dalam diri seseorang dan memperbaiki atau menguatkan ingatan. Apalagi jika kayu manis dicampur dengan madu dan meminumnya setiap sore, akan memberikan manfaat dan efek yang besar bagi manusia.

Cinnamon juga dapat digunakan sebagai obat yang efektif dalam menyembuhkan influenza dengan cara direbus dengan air. Selain itu, jika direbus bersama cabai dan madu dapat membantu menyembuhkan influenza, sakit tenggorokan, dan malaria. Apalagi jika telah masuk dalam musim-musim penghujan, kayu manis adalah pilihan tepat untuk mencegah influenza. Minyak cinnamon jika dicampur dengan madu juga dapat mencegah pilek dan influenza.

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengobati gangguan percernaan seperti mual, muntah, dan diare. Hanya dengan satu sendok kecil kayu manis dan dicampur dengan air panas, kemudian diminum dengan jarak setengah jam setelah makan dapat meredakan kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami dan memberikan efek aroma yang harum pada mulut. Kayu manis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala. Caranya, menggunakan pasta hasil campuran kayu manis bubuk dengan sedikit air dan dioleskan di jidat dan di antara kedua tulang pipi. Kayu manis juga bisa digunakan sebagai anti acne alami. Caranya, oleskan campuran kayu bubuk pasta dengan beberapa tetes jus lemon ke tempat jerawat dan bintik hitam bekas jerawat yang kering. Setelah itu, dijamin wajah anda akan bersih dari jerawat dan terlihat indah.

Tak hanya sampai di situ manfaat dan khasiat kayu manis. Kayu manis dapat menyembuhkan berbagai penyakit-penyakit lain, seperti asma, kelumpuhan, gangguan rahim, meningkatkan volume darah dalam siklus haid, dan gonore (kencing nanah). Kencing nanah atau gonore (bahasa Inggris: gonorrhea atau gonorrhoea) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

Pada pria, gejala awal gonore biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih serta keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit tersebut hanya setelah pasangan hubungan seksualnya tertular. Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.

Wanita dan pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (anal sex) dapat menderita gonore pada rektumnya. Penderita akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya dan dari rektumnya keluar cairan. Daerah di sekitar anus tampak merah dan kasar, serta tinjanya terbungkus oleh lendir dan nanah.

Hubungan seksual melalui mulut (oral sex) dengan seorang penderita gonore biasanya akan menyebabkan gonore pada tenggorokan (faringitis gonokokal). Umumnya infeksi tersebut tidak menimbulkan gejala, namun terkadang menyebabkan nyeri tenggorokan dan gangguan untuk menelan.

Jika cairan yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi mata luar (konjungtivitis gonore). Bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan sehingga terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya keluar nanah. Jika infeksi itu tidak diobati, maka akan menimbulkan kebutaan.

Selain itu juga digunakan sebagai tambahan dalam mengontrol penyakit campak jerman. Campak Jerman atau dikenal juga dengan nama Rubela adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Rubella. Virus biasanya menginfeksi tubuh melalui pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Anak-anak biasanya sembuh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Virus ini menular lewat udara. Rubela juga biasanya ditularkan oleh ibu kepada bayinya, makanya disarankan untuk melakukan tes Rubela sebelum hamil. Bayi yang terkena virus Rubela selama di dalam kandungan beresiko cacat. Virus Rubela memiliki waktu inkubasi 2 sampai dengan 3 minggu. Gejala-gejalanya adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening, demam diatas 38 derajat Celsius, mata terasa nyeri, muncul bintik-bintik merah di seluruh tubuh, kulit kering, sakit pada persendian, sakit kepala, dan hilang nafsu makan.

Lebih dari itu, kayu manis juga digunakan sebagai alat kontrol kelahiran alami yang berdampak pada sekresi alami telur setelah melahirkan. Caranya dengan mengkonsumsi sedikit kayu manis setiap malam selama satu bulan setelah kelahiran. Setelah itu siklus menstruasi akan tertunda selama lebih dari 15-20 bulan, sehingga menunda kehamilan.

Kayu manis dapat membantu secara tidak langsung dalam sekresi ASI sehingga memperpanjang masa ASI. Daun kayu manis kering dan kulit kayu manis digunakan untuk menambah rasa manis kue dan berbagai manisan. Dia juga digunakan sebagai tambahan bumbu kari, juga tambahan parfum dan dupa. Kayu manis juga digunakan di dalam farmasi sebagai obat untuk perawatan gigi. Sedangkan minyak dari daun kayu manis dapat digunakan pada parfum dan komposisi dalam vanili.

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat dari qirfah yang biasanya hanya kita gunakan pada makanan sebagai penyedap rasa. Mulai saat ini, mari kita sama-sama lebih banyak mengkonsumsi qirfah sebagai makanan maupun minuman dalam sehari-hari kita. Saya juga selalu meminum qirfah bi zanjabil (kayu manis plus jahe) sebagai minuman. Terutama saat kemaren Mesir sedang dilanda musim dingin. Rasanya benar-benar nikmat dan segar. Jadi inget sekuteng di negara kita tercinta Indonesia, hehe. Apalagi kalo minumnya ketika berbuka puasa, seger tenan rek, hehe. Harganya pun sangat terjangkau. Biasanya Masisir kalo beli tinggal blang ‘auz qirfah bi geneh ya ‘amm.’

Mesir itu emang banyak banget yang namanya bumbu tradisional. Karena jarang sekali makanan-makanan Mesir menggunakan bumbu-bumbu instan dalam menu mereka. Apalagi di sini, terdapa toko yang namanya ‘athoroh yang isinya berbagai bumbu-bumbu dari ketumbar (kusbaroh), merica (filfil aswad), kunyit (kurkum), jintan hitam (kamun), dll. Minuman-minuman juga banyak seperti rosella (karkadeh), yansun (g tahu bahasa indonesianya, hehe), teh (syai) baik yang biasa ataupun yang hijau, kopi (qohwah), sampai minuman kemasan seperti tamr hindi (asem jawa), burtuqol (jeruk), faroulah (strawberi), dll yang ternyata mereknya qomaruddin, hehe. Ternyata Mesir mempunyai kemiripan dengan Indonesia dalam rempah-rempah dan bumbu tradisional. Bedanya, di sini sangat gemar dalam memakainya secara alami dan tradisional, namun di Indonesia sudah banyak menggunaka bumbu instan yang penuh dengan bahan pengawet dan zat-zak kimia yang kurang baik untuk kesehatan. ‘Ala kulli hal, saya tetap cinta dengan Indonesia.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011