Sabtu, 26 Maret 2011

Manfaat Kuning telur

Apakah Anda selalu menghindari memakan bagian kuning telur saat mengonsumsinya karena takut kadar kolesterol meningkat? Tetapi sebaiknya, dipikirkan lagi.

Karena nilai gizi telur tidak hanya terdapat pada bagian putihnya saja tapi pada bagian kuning telurnya pun juga banyak mengandung manfaat.

Tetapi karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi, maka sebagian orang lebih memilih untuk tidak mengkonsumsinya karena dengan alasan takut kolesterol. Padahal nilai gizi yang terkandung dalam kuning telur sangat bermanfaat untuk tubuh asalkan memperhatikan batas mengkonsumsinya.

Kuning telur memang mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Telur seberat 70 gram kemungkinan mengandung 213 mg kolesterol. Namun, mengonsumsinya sebutir masih dibawah 'batas aman' 300 mg/hari.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir takut kegemukan apabila mengkonsumsinya satu butir sehari, karena setiap kuning telur yang masih mentah mengandung 355 kalori, diketahui bahwa bobot rata-rata satu kuning telur adalah 17gr

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa mengkonsumsi telur tidak spontan melambungkan kadar kolesterol dalam darah, karena dalam telur juga ditemukan zat gizi seperti antioksidan, vitamin B dan asam folat yang dapat menekan naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol dalam darah juga dapat diredam dengan kandungan lemak telur yang dapat menunjang kolesterol baik, yakni high densitylipoprotein (HDL) yang bersifat mencegah penyempitan pembuluh darah dan baik bagi jantung.

Disamping itu, kuning telur juga dapat menambah darah yang sehat dan sempurna, kandungan vitamin A pada kuning telur juga dapat mengobati sakit tenggorokan, batuk, luka paru-paru, ginjal dan kencing manis. Bisa juga memperlunak sisa makanan dan mengurangi ganjalan ditenggorokan.

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi kuning telur juga berguna untuk kecantikan kulit wajah, maka tak jarang sebuah produk kecantikan menggunakannya sebagai bahan utama seperti menghilangkan noda bekas jerawat dan biasa juga digunakan untuk masker kulit bagi wajah berminyak.

Setelah tahu beberapa manfaat dari kuning tersebut, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi ketika mengkonsumsinya ya..
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011