Selasa, 08 Maret 2011

Benarkah Orang Kidal Lebih Cerdik Daripada Orang Tangan Kanan?

kidalBule dianggap lebih cerdas daripada orang Indonesia, hanya dikarenakan kebanyakan bule memakai tangan kiri sebagai tangan utama (kidal). Apakah lalu kita harus menjadi kidal supaya lebih pintar?
Dari penelitian medis, belum bisa membuktikan bahwa orang-orang kidal lebih pintar dari orang yang menggunakan tangan kanan sebagai tangan utamanya. Secara umum, otak kanan kita menerima informasi dari tubuh bagian kiri dan mengontrol tubuh bagian kir, begitu juga sebaliknya.
Dengan begitu, orang tangan kanan akan lebih dominan menggunakan otak kirinya, sedangkan pada orang kidal lebih dominan menggunakan otak bagian kanan.
Setiap belah bagian otak memang mempunyai kemampuan spesialis tersendiri. Otak kanan bertanggung jawab untuk visual dan ilmu ruang, sedangkan otak kiri lebih ke bahasa dan percakapan.
Neuropsychologists beberapa kali menguji tingkat kecerdasan antara orang kidal dan orang tangan kanan, namun hasilnya tidak pernah ada perbedaan yang cukup signifikan. Pria tercatat satu setengah sampai dua kali lebih kemungkinan kidal dibanding wanita.
Hingga saat ini belum pernah ada kasus dimana seseorang yang ambidexterous (aktif menggunakan dua tangan). Kalaupun ada, mungkin orang itu hanya superman :)
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011