Selasa, 08 Maret 2011

Tips Agar Bebas dari Hutang

Tips Bebas HutangKamu termasuk orang yang sering ngutang? Hmm.. memang sih ngutang adalah pilihan terakhir saat kita tak punya uang, tapi berhati-hatilah karena ini bisa menjadi sebuah kebiasaan bagi kamu.
Yang perlu digaris bawahi disini adalah bagaimana caranya merencanakan uang kita agar cukup dalam jangka waktu yang kita tetapkan dan kita juga masih menyediakan sedikit uang untuk ditabung.
Berikut ini adalah tips bagaimana mengusahakan jauh dari hutang.
1. Buat Anggaran.
Buatlah anggaran selama kurun waktu tertentu, pikirkan baik-baik bahwa kamu memang perlu untuk belanja barang-barang tersebut. Hindari membeli barang yang tidak begitu kamu perlukan.
2. Bawa uang Pas-pasan
Saat kamu jalan-jalan ke mall atau tempat-tempat tertentu, bawalah uang secukupnya. Hal ini bisa menghindari kamu untuk bertindak boros dan belanja ini-itu yang memang tak perlu.
3. Tinggalkan Kartu ATM di rumah
Selain membawa uang pas-pasan, sebaiknya kamu meninggalkan kartu ATM kamu di rumah. Bawalah sedikit uang persediaan yang tidak berlebihan.
4. Bergaul dengan teman sederhana
Bukan berarti ini membatasi diri kamu dalam hal pergaulan. Yang perlu kamu ingat adalah lingkungan pergaulan juga bisa merubah gaya hidup kamu. Jadi setidaknya kamu menyesuaikan diri sebaiknya bagaimana kamu bergaul.
5. Rajin Menabung
Ini dia cara yang paling mujarab untuk menghindari hutang, dari awal kamu harus membiasakan diri kamu untuk menabung. Setidaknya tabungan ini bisa kamu ambil sewaktu-waktu jika memang butuh mendesak dan kamu tak perlu lagi untuk hutang.
Nah mungkin dengan cara ini kita bisa menyisihkan sesuatu untuk jangka panjang berikutnya… :)
Semoga berguna…
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011