Jumat, 25 Maret 2011

Tips cara merawat Busi Motor yg baik dan benar

Dari semua komponen mesin sepeda motor baik besar maupun kecil, busi mempunyai peranan cukup penting dari kesemua komponen tersebut. Busi mempunyai fungsi untuk menghasilkan energy percikan api yang kemudian membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder.
Bentuk busi yang kecil terkadang sering dilupakan dari perhatian pemilik motor. Padahal komponen ini juga membutuhkan perhatian dan perawatan rutin. Karena bila rusak, bisa berakibat motor kesayangan Anda akan mogok.

Berikut tips merawat busi motor yang benar :

1. Jika Anda memiliki motor keluaran terbaru, sebaiknya periksa kondisi busi ketika speedometer menunjukkan angka 1.000 km dan setiap 3.000 km setelah itu. Ganti busi setiap 6.000 km.
2. Bila busi tidak pernah dibersihkan, maka elektroda yang ada di dalamnya aus sedikit demi sedikit dan akan terjadi endapan di sekitar busi yang bisa mengakibatkan gangguan pada system pembakaran.
3. Bila elektroda pada busi bagian tengah benar-benar habis, maka sebaiknya diganti dan harus melakukan penyetelan ulang celah antara busi menggunakan alat ukur ketebalan
4. Ganti busi motor Anda sesuai dengan spesifikasi mesin.
5. Bila mesin motor Anda mulai susah untuk dihidupkan, kemungkinan penyebabnya adalah busi yang perlu dibersihkan.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011