Senin, 07 Maret 2011

Tips menjadi Menjadi TKI Yang Aman

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengadu nasib di negeri orang memang agak cukup beresiko terhadap tindak kriminal, kekerasan dan sebagainya. Maka perlu kewaspadaan tinggi dengan berbekal skill yang memadai.
Sukur-sukur kalau dapat majikan baik, kalau seperti kasus Sumiati kemarin, wah bisa berabe tuh… Berikut sedikit tips bagi temen-temen yang mungkin ada rencana untuk menjadi TKI di negeri seberang. Tips ini di dapat dari Serikat Buruh Migran Indonesia
1. Mencari informasi yang benar dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat mengenai informasi kesempatan pekerjaan di luar negeri.
2. Memberitahukan kepada aparat setempat (Ketua RT/RW/Polisi), tokoh masyarakat, tokoh agama mengenai tawaran kerja yang Anda terima. Anda juga harus mengontak mereka jika kehilangan kontak dengan teman atau kerabat yang kerja di luar negeri.
3. Mintalah surat kontrak kerja dan meneliti serta memahami isinya. Dalam surat ini juga harus berisi hak-hak kita seperti besarnya gaji atau tunjangan lain, hari libur, persyaratam dan kewajiban, serta jenis pekerjaan (pelayanan pekerja rumah tangga atau buruh pabrik).
4. Tetaplah menjalin hubungan dengan kerabat yang bekerja di luar daerah atau di luar negeri dan meneliti kebenarannya guna mencegah agar mereka tidak menjadi korban. Semoga berhasil dengan baik dan aman.
Berikut data-data yang bersangkutan dengan TKI yang bekerja di luar negeri.
Data TKI Di Luar Negeri
Terdapat 6,5 juta TKI di LN
70 persen adalah PRT
Ada 13.000 kasus
Korban meninggal 908, dengan kasus :
* Situasi kerja tak layak,
* Akomodasi logistik tak memadai,
* Penyiksaan,
* Kecelakaan kerja,
* Kecelakaan lalulintas
Uang Masuk dari TKI
2003 = 1,489 miliar USD
2004 = 1,866 miliar USD
2005 = 5,722 miliar USD
2007 = 6,174 miliar USD
2009 = 6,793 miliar USD
2010 = target 7,139 miliar USD
*Berarti kalau TKI kita pulkam, “dipalakin” dong ama petugas imigrasi.. Jiah.. Capede.. Orang cape-cape kerja malah digituin.. *
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011