Senin, 07 Maret 2011

Inilah alasannya mengapa nyamuk tertarik pada manusia

Ughhh.. Musim panas, nyamuk berkeliaran. Kadang sebel juga, lagi rame rame orang tapi kok nyamuk cuman ngincer aku aja.. sedangkan yang lainnya tidak. Sampai di ejekin “belum mandi kalo..” ih enak aja…
Apa sih sebenrnya alasan nyamuk itu tertarik sama aku. Apa dia naksir? (hayah….). Setelah saya cari tau, ternyata ada banyak alasan mengapa nyamuk begitu tertarik pada manusia.

Berikut tujuh alasannya :
1. Anda selalu memakai pakaian warna gelap.
Menurut ahli entomologi Grayson Brown, PhD. Dalam eksperimennya, pekerja laboratorium Brown mengenakan pakaian warna putih. Terbukti, nyamuk tak begitu ngebet pada mereka.


2. Anda menyemprotkan parfum beraroma bunga.
Nyamuk senang menghisap cairan manis pada bunga, sebagai bekal energinya untuk terbang dan menyengat. Jika Anda mengenakan parfum beraroma mawar, tak salah jika nyamuk mengira Anda bunga mawar.


3. Anda gemar minum bir.
Peminum bir ternyata 63 persen lebih menarik bagi nyamuk ketimbang peminum air putih, demikian menurut suatu penelitian di Perancis. Alkohol memang mempengaruhi bau mulut dan aroma tubuh. Meskipun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut apakah hal ini juga terjadi pada peminum tipe alkohol lain, seperti anggur dan koktail.


4. Anda hamil.
Menurut para peneliti, ibu hamil dua kali lebih menarik daripada perempuan yang tidak hamil. Khususnya pada trimester akhir kehamilan, perempuan akan menghembuskan nafas 21 persen lebih banyak, dan ini memikat nyamuk yang memang menyukai karbondioksida dan kelembaban. Suhu tubuh ibu hamil juga cenderung lebih tinggi, sehingga lebih mudah dideteksi oleh nyamuk.


5. Anda tidak mengosongkan air di bathtub.
Anda tahu kan, nyamuk tertarik dengan kubangan atau genangan air. Misalnya air hujan yang tertampung di kaleng kosong. Untuk mencegah nyamuk memasuki rumah, pastikan tidak ada genangan air di rumah, mandilah di bahttub (berendam) setidaknya sekali seminggu saja, pangkas rumput di halaman secara teratur, dan tutupi kolam renang di rumah (bila ada) saat tidak digunakan.


6. Anda senang tidur larut malam.
Nyamuk lebih banyak aktif mulai sore hingga dini hari. Saat itulah mereka mulai berburu di rumah Anda. Hindari kebiasaan makan di luar ruangan, agar Anda tidak menjadi mangsa nyamuk.


7. Anda sering berkeringat.
Para peneliti di Universita Yale mendapati bahwa nyamuk bisa mengincar senyawa kimia dalam keringat kita. Keringat juga bisa membuat obat nyamuk yang Anda kenakan (misalnya yang dioleskan atau disemprotkan) mudah lenyap. Karena, oleskan kembali tiap beberapa jam.

Nah semoga berguna infonya buat temen temen melawan nyamuk. Apalagi Nyamuk Aedes Egepty… Inget 3M (Menguras, Membersihkan, Menutup).
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011