Senin, 07 Maret 2011

Handphone Ternyata Bisa Bikin Daya Ingat Kita Menurun!

Tak bisa disangkal kalau saat ini fungsi dari ponsel sangat banyak sekali, selain dapat dipergunakan untuk  membantu telekomunikasi ponsel juga dapat dipergunakan untuk bermain game, kalkulator dan masih banyak lainnya. Tapi tahukah sobat dibalik semua kelebihan dan kehebatan tersebut ponsel juga ternyata memiliki sisi negatif?
Banyak studi yang mengatakan radiasi ponsel berbahaya bagi kesehatan, namun lain pihak banyak juga  yang menyimpulkan kalau keberadaan ponsel tidak berpengaruh signifikan pada kesehatan manusia.
Sebuah survey terbaru yang  di gagas oleh CPP, konsultan asuransi di Inggris ternyata mengungkapkan jutaaan penduduk Inggris dihinggapi penyakit pikun yang kemudian disebut ‘Amnesia Numerik’. Menurut para peneliti penyakit tersebut timbul akibat masyarakat Inggris terlalu banyak dan sering menggunakan ponsel untuk menyimpan nomor kontak dibandingkan menggunakan daya ingat otaknya.

Salah seorang dari CPP mengatakan ketidakmampuan orang-orang untuk mengingat nomor –nomor penting yang dimiliki oleh orang-orang terdekatnya dapat menimbulkan masalah yang rumit dan menyedihkan jika ponsel mereka lupa dibawa atau hilang dicuri. Bagaimana tidak, mereka tidak tahu cara menghubungi seseorang untuk membantu. Bahkan Michel  Lynch dari CPP menyimpulkan “Hal ini menunjukkan bahwa ponsel benar-benar telah menjadi ketergantungan seseorang.”

Adapun hasil riset yang telah dilakukan pada masyarakat Inggris  menunjukkan 23 juta orange tidak tahu nomor ponsel pasangannya, 30 juta lainnya tidak dapat mengingat nomor ponsel sahabat mereka sendiri. Sedangkan empat dari sepuluh orang khawatir kehilangan foto ponsel dan sepertiga khawatir pesan singkatnya yang hilang. Meski begitu, banyak diantara mereka yang mengaku masih ingat nomor telepon rumah dan sebanyak 60 persen  mengingat nomor telepon orangtuanya.

Michel Lynch menambahkan perkembangan teknologi yang semakin canggih justru membuat ingatan seseorang menurun, sebagian individu, kata dia, semakin mengandalkan informasi yang tersimpan di ponsel  dan di dunia maya. Lynch mengaku khawatir ketergantungan ini dapat menjadi masalah besar jika orang benar-benar bergantung pada ponsel. Layaknya keterampilan lain, lanjutnya, kebutuhan memori manusia seharusnya terus diasah agar segala ingatan tidak hilang.

So  sobat  mari kita coba manfaatkan daya memori  kita dengan lebih maksimal  dan jangan terlalu tergantung dengan  ponsel, ingat lo kemampuan otak kita sangat banyak jadi tidak ada istilah tidak bisa untuk mengingat.
Sumber: Republika.co.id
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Detektif Anda 2011